Senin, 02 April 2012

Pantai Tanjung Papuma (Pantai Pasir Putih Malikan-Jember)

Sebenernye ane dari awal buat blog pengen banget nulis buat nih pantai, baru bisa ane kerjain sekarang. Pantai pasir putih Malikan atau temen-temen aye nyebutnye Pantai Papuma. Menurut ane ni pantai bagus banget sodara-sodara sekalian, pantainya bersih indah dengan pemandangan gugusan-gugusan pulau karangnya. Kalau dari tempat ane, deket Universitas Jember bisa dicapai pakek sepedah motor cuman 1 jam-an dengan kecepatan 60km per-jam. Akses jalan menuju pantai ini sudah cukup bagus menurut ane, selain motor bisa dicapai sama bus, truk, mobil, dokar juga bisa kalau kudahnya mau jalan di tanjakan sih,hehe -__-“

Pantai ini berlokasi di desa Sumberejo kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Berbanggalah daerah jember mempunyai potensi alam yang indah sebagai tempat pariwisata. Oya, papuma ini tentanggaan sama pantai Watu Ulo. Tapi kalau menurut ane lebih baik pilih ke Papuma aje ye sodara-sodara dikarenakan gag kerawat benget yang kerawat malah Papumanya. Ini nih salah satu kekurangan pemerintah jember menjaga potensi pariwisatanya. Bener-bener disamgkan bangget.

Nah kalau sejarah Papuma ini kayak yak apa sih??
Seperti yang kita tahu tanjung merupakan daratan kecil yang menjorok ke laut, nah kalau kata Papuma sendiri merupakan akronim dari pasir putih Malikan. Malikan sendiri merupakan pemberian dari pemerintah Jember setelah pantai tersebut dijadikan tempat pariwisata.

Pertama kali ane kesana, ane bener-bener terpesono disetiap perjalanannya sodara-sodara. Sebelum kita nyampek pantainya nih kita disuguhin pemandangan yang super indah guueellakk gitu *Lebay* dikit. Dari hamparan sawah, hutan bertebing, hutan jati yang gag ada daunnya keren abis. Tanjakan sebelum nyampek lokasi kita dihadang tanjakan yang cukup nanjak *tanjakan kan emang nanjak* -_-“. Kalau kita gag ati-ati ngendaliin kendaraan kita bakal jatuh di jurang, atau balik ke bawah lagi. Ati-ati ya ini demi keselamatan kalian. Beneran ati-ati loo yaa. Jadi bener-bener kawatir. *Lebay Lagi*. Nah kalau udah nyampek atas kita bisa liat hamparan pasir putih.

Menurut artikel yang ane baca ada tujuh karang di Papuma, deretan pulau karang yang indah ini mempunyai namanya masing-masing antara lain pulau batara guru, pulau kresna, pulau narada, pulau nusa barong, pulau kajang dan pulau kodok. Nama-nama yang aye sebutin itu sebenernye nama-nama tokoh pewayangan. 

Pernah nih pengalaman ane kesana, sangking girangnya liat laut turun dari motor ane langsung nyebur ke laut, trus ketarik ombak hampir tenggelem untung diselametin temen ane. Padahal disekitar pantai terpampang jelas “Dilarang Berenang” tapi nyatanya banyak yang berenang juga termasuk ane :D. Banyak kegiatan yang ane pernah selenggarain disini kayak diklatnya anggota baru PSM FE Unej ma PSRM Sardulo Anorogo. Pantainya bisa dibuat tempat berkemah, tempat penginapanpun tersedia.

Oya, ane inggetin jaga barang-barang bawaan kalian kalau mau kesana soalnya banyak monyet liar berkeliaran di area pantai.
Nih aye punyak photo-photo aye waktu ke Papuma. Chekiiitttdddooot

 gerbang masuk papuma,siap-siap tanjakan dan turunan


sebelum nyampek gerbang ada pemandangan pohon jati tak berdaun *pose penjaga gawang*
 
Model gagal

keren kan ane hahaha *memuji diri sendiri *

 
Hamparan pasir putih

bersama kembaran ane *kata temen2 ane"

alami banget

 
Ini bukan boy band -_-"
 
Pose berak hahahaha :D

 
lokasi kemah

 
Walaupun ada giniannya ane tetep nyebur -_-“

 Itu sebenernye aye moto penghuni asli *Monyet*

 
Denah lokasi Papuma


 
Bisa juga buat piknik bersama keluarga

 
Tempat buat pacaran juga boleh :)

 
Temen PSM,yang njepret ane jadi gag ikut kephoto


Gambar dari Google, kamera ane gag mumpunin buat njepret gambar sebagus ini,hehehe :



Ada kuilnya juga dipinggir pantai


Nah baguskan tempatnya, perlu dicoba tuh tempat kayak gitu
Semoga bermanfaat , silahkan di coment ya :)


 

4 komentar:

  1. wahhh kren drimu lau mnjelaskan tntg ni pntai
    jadi kepingin k sna

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho thanks sely....
      kapan2 mampir aja,,jombang-jember cuman 7jam...
      hahaha cuman 7 jam.....

      Hapus
  2. bimmm lw ada waktu aku tak k jemberrrr

    BalasHapus