Selasa, 20 Maret 2012

Iwak Peyek “Asolole”

Fenomena bumingnya lagu dangdut di Indonesia ini sungguh unik dan asyik untuk diikuti. Tahun lalu muncul si Ayu Ting-Ting yang lagi cari alamat eh ternyata palsu. Di tahun 2012 ini buming dibicarakan masyarakat indonesia baik di media televisi maupun majalah “Iwak Peyek” dalam bhs. Indonesia Lauk Peyek. Peyek=Rempeyek. Makanan dari Jawa berupa krupuk gurih dengan berbagai isi, seperti kacang atau teri maupun udang. Lagu iwak peyek merupakan lagu jawa yang sering di nyanyikan artis grup dangdut lokal seperti Sagita atau Monata dll. Lagu ini sudah sering didengarkan bagi masyarakat jawa timur, namun baru-baru ini buming di seluruh daerah indonesia berkat kreatifitas girl band “Trio Macan”. 

Nah kalau kata “Asolole” sendiri itu apa sih??? 
Kata itu sering dilontarkan oleh penyanyi di dalam grup dangdut Sagita dkk. Ane sendiri binggung juga dari arti kata itu. Ada yang mengatakan kata “asolole” itu kata-kata kotor dari kata “ass hole”. Ada juga yang bilang itu hanya sebuah kata yang terlontar untuk keunikan lagu dangdut saja. Nah kalau dari temen kaskus nih kata “asolole” lekat dengan kesenian jaranan, sebelum kesurupan dan beraksi sinden jaranan teriak ASOLOLE lalu yang kesurupan beraksi sambil makan pecahan bolam, beling, maupun silet.Biasanya setelah bilang asolole kata berikutnya diikuti dengan “icik-icik eheem” entahlah apapula itu artinya. Tapi asyik juga looo permainan kata tersebut.hahahaha. salut dah bagi mereka pertama kali menciptakan kata-kata seperti itu. 

Dalam lagunya Trio Macan pun kata asolole diimbuhkan dalam liriknya. Sebenarnya juga lagu iwak peyek ini berupa pantun yang bisa di ganti-ganti liriknya. Sering digunakan oleh suporter bola untuk menyemangati team kebangaan mereka. Lagu ini kalau gag salah pertama kali seing dinyanyikan oleh penyanyi dangdut cak Sodik. Nyoook check this out lagu iwak peyek ala girl band dangdut Trio Macan……



6 komentar:

  1. Ohh buat yel-yel suporter bola juga ,aku taunya iwak peyek malah dari OVJ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyee yel2 suporter,, emang ya apapun yang di trendkan ovj pasti buming ....

      Hapus
  2. tapi katanya tu iwak peyek jiplakan lagu luar negri ya? sayang sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. woouuw iya kah?? kalau jiplakan ya emang amat disayangkan ....

      Hapus
  3. setau saya dulu waktu kuliah dijogja kata asolole sering diucapkan teman teman kost ketika kesal habis dikerjain teman lain nya...supaya tdk terdengar kasar karna kami berasal dari berbagai suku maka kata katanya dicampur antara bahasa jakarta dan jawa yang maksudnya "AS0 LO LE( ASO=ANJING - LO/ELO=KAMU - LE =ANAK LAKI LAKI)yg kurang lebih artinya anjing kamu itu (tapi diucapkan sambil tertawa/ yg artinya umpatan karena merasa kalah dikerjain

    BalasHapus
  4. iwak peyek tenar di indonesia 2011 (arek band) 2012 (trio macan) coba liat di youtube dengan keywod : 'OLYMPIAKOS7' kalo ga salah postingan 2006.

    BalasHapus